3 Cerita Seputar Restoran Halal di Korea

3 Cerita Seputar Restoran Halal di Korea

Beragam cara dilakukan pemerintah Korea untuk menggaet wisatawan muslim. Salah satunya dengan menyediakan sebanyak mungkin restoran halal di sana. Seperti diketahui, saat ini penduduk muslim di Korea sekitar 140 ribu orang. Terkait dengan restoran halal, ada 3 cerita yang perlu diketahui.

Pertama. Ketika masuk restoran, biasanya warga muslim Korea bilang “No meat, please’. Ternyata, hal ini bukan karena warga muslim di sana itu vegetarian. Tapi, sebagai bentuk kehati-hatian dalam mengonsumsi makanan halal. Meraka tidak akan makan daging kalau tak yakin restorannya halal.

Kedua. Terkait salah satunya dengan peristiwa di atas, maka pemerintah Korea getol mempromosikan beragam fenomena restoran halal di sana. Tujuannya, semakin mengenalkan warga di sana dan juga wisatawan muslim akan keberadaan restoran halal yang mendukung pariwisata ramah muslim.

Ketiga. Soal kehalalan restoran sendiri ada beberapa hal yang dilakukan oleh koki pada restoran halal di Korea. Ketika menyiapkan makanan dalam bentuk daging maka dalam penyembelihan dilakukan oleh koki muslim sesuai syariah. Mereka juga tidak menggunakan peralatan memasak dan juga penyimpanan yang biasa digunakan untuk mengolah makanan pada umumnya. Artinya penggunaan peralatannya terpisah.

Itulah sedikit cerita tentang restoran halal di Korea. Tapi, bagaimanapun juga, kita sebagai warga negara Indonesia yang muslim sudah seharusnya tetap menanyakan apakah restoran yang akan kita kunjungi itu halal tak telah tersertifikasi halal. Hal ini penting untuk menghindari “bencana” atas makanan haram yang bisa masuk dalam perut kita. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).