3 Destinasi Wisata Halal Andalan Indonesia

3 Destinasi Wisata Halal Andalan Indonesia

Indonesia, melalui Kemenpar mentargetkan Indonesia menjadi destinasi wisata halal no 1 di dunia.  Sejauh ini posisi pertama diduduki oleh Malaysia.  Target ini, tentu saja bukan hanya program ambisius, tapi harus benar-benar dapat dilaksanakan demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan yang lain.

Target lain yang ingin dicapai, Indonesia bisa menarik sejumlah 5 juta wisatawan muslim dunia. Mereka diharapkan berkunjung ke Indonesia di tahun 2019 mendatang.  Jumlah ini adalah sekitar 25 % dari total wisawan asing yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata halal dunia. Tentu saja target ini harus bisa mengubah mindset (cara pandang) pelaku bisnis halal.

Sejauh ini, perusahaan-perusahaan travel di Indonesia masih banyak yang berpikiran bagaimana wisatawan lokal kita bisa menikmati wisata halal di misalnya Jepang, Korea, Cina dll. Kini, sudah saatnya kita mentargetkan warga negara-negara tersebut, termasuk juga misalnya masyarakat Timur Tengah bisa datang ke Indonesia menikmati wisata halal kita.

Setidaknya, ada 3 destinasi wisata halal andalan Indonesia saat ini. Yaitu Lombok, Aceh dan Jakarta.  Ketiga destinasi ini dinilai paling siap untuk menjadi destinasi wisata halal kita yang diharapkan bisa dinikmati wisatawan asing. [ Maria Magdalena/halaltren.com).