3 Fakta Industri Halal di Malaysia

3 Fakta Industri Halal di Malaysia

Memang diakui. Malaysia saat ini masih memimpin dalam industri halal.  Bagi negara dengan penduduk mayoritas muslim, memang sudah seharusnya begitu. Geliat industri diselaraskan dengan nafas Islam sebagai pondasi dalam membangun perekonomian. Nah, berikut ini beberapa fakta tentang industri halal di Malaysia, diantaranya:

Pertama. Menjadi pusat halal global. Saat ini negara itu memimpin dengan nilai ekspor tahunan sebesar 35,4 miliar ringgit Malaysia untuk produk halal.  Dari nilai itu, menyumbang sebesar 5,1 persen dari total ekspor.

Kedua. Katering halal pertama maskapai. Ya, Malaysia telah menyediakan katering halal untuk industri penerbangan mereka yaitu Malaysia Airlines. Dari sektor halal dibidang makanan ini kemudian berkembang ke sektor lain seperti kosmetika, farmasi, logistic dan kemudian yang terbaru di industri pariwisata.

Ketiga. Dimulai tahun 2000. Ya, keseriusan negara tersebut fokus pada industri halal dimulai pada tahun tersebut. Ditandai dengan dirilisnya standar halal pertama yang menjadi tonggak sebagai negara yang memiliki sistem jaminan halal yang terdokumentasi dan sistematis.

Inilah beberapa fakta industri halal di Malaysia. Bagaimana dengan Indonesia? Kita ikuti saja perkembangannya. (Maria Magdalena/Halaltren.com).