3 Fakta Potensi Wisata Halal

3 Fakta Potensi Wisata Halal

Wisata halal kini mendapatkan sorotan dunia. Tak hanya negara-negara muslim yang mengembangkannya. Tapi, negara-negara non muslim seperti Jepang dan Korea juga turut serta dalam pengembangan wisata halal ini. Bahkan, tampaknya, selangkah lebih maju dibandingkan dengan Indonesia. Memang, wisata halal ini memang cukup potensial sekaligus menggiurkan.

Setidaknya kita bisa melihat  3 fakta dan data mengenai wisata halal yang bisa memotivasi  pelaku wisata halal di Indonesia. Diantaranya:

Pertama, Besarnya potensi perekonomian Islam, termasuk di dalamnya wisata halal. Laporan terbaru dari Global Islamic Economy Index, lebih dari 3,2 triliun Dollar As berputar di pasar perekonomian Islam.  Pada tahun 2020, angka ini  diprediksi akan mengalami kenaikan sebesar dua kali lipat dikarenakan bertambahnya jumlah penduduk.

Di tahun 2018 ini, tercatat jumlah penduduk Muslim dibelahan bumi ini berjumlah 1,8 Milyar. Pada tahun 2025 diperkirakan jumlahnya mencapai 2,7 Milyar atau setara dengan 30 persen jumlah penduduk dunia. Tentu saja, jumlah penduduk muslim ini menjadi potensial bagi pengembangan wisata halal.

Kedua, Tumbuhnya  gaya hidup muslim. Menurut catatan Global Islamic Economy Report di tahun 2016-2017 nilai belanja makanan dan gaya hidup di sektor halal mencapai 1,9 triliun dollar.  Di tahun 2021 diperkirakan akan naik menjadi 3 triliun dollar As.

Ketiga, Tumbuhnya turis muslim.  Data yang sempat tercatat, saat ini (2018)  turis  muslim berjumlah sekitar 121 juta orang dengan pengeluaran  192 milyar dollar As. Nilai ini di luar perputaran ekonomi untuk umrah dan haji yang hanya 18,9 milyar dollar AS.

Nah, inilah sedikit data yang bisa memicu perkembangan wisata halal di tanah air. Semoga pelaku usaha wisata halal semakin terus berinovasi mengembangkan wisata halal di berbagai bidang. (yons achmad/halaltren.com).

 

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969