3 Geliat Seputar Halal di Vietnam

3 Geliat Seputar Halal di Vietnam

Geliat seputar perkembangan isu halal di Vietnam terungkap. Salah satunya melalui buku yang baru saja diluncurkan, berjudul “Muslim dan halal di Vietnam”.  Sebuah buku yang menceritakan bagaimana pasang surut perkembangan isu halal di sana. Sebuah buku yang  ditulis oleh Jaorana Amiruddin selaku Wakil Sekjend Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia dan Khaidir Hasram (Mahasiswa Sekolah Pascasarjana (SPS) UIN Jakarta).

Setidaknya, ada 3 hal yang terungkap dalam buku ini:

Pertama, Masjid cantik di pusat kota. Masjid-masjid di sana, banyak yang direnovasi secara cantik dan megah. Hal ini, patut mendapatkan apresiasi. Kenapa? Karena muslim di Vietnam sebenarnya minoritas, tapi perkembangan muslim di sana tetap mendapatkan perhatian.

Kedua,Pemuda muslim banyak sekolah ke luar negeri. Dengan banyaknya pemuda muslim yang belajar ke luar negeri, tentu wawasan mereka semakin besar. Terutama bagaimana ketika di luar negeri mereka juga berinteraksi dengan banyak pemuda muslim dunia. Setelah pulang ke Vietnam, kompetensi dan pengalaman belajarnya mendapatkan momentum untuk bisa dikembangkan.

Ketiga, menjamurnya industri halal. Di Vietnam, industry halal cukup berkembang. Ditandai dengan lahirnya beberapa lembaga sertifikasi halal. Dengan hadirnya lembaga sertifikasi halal ini menandakan pula bagaimana geliat sektor halal juga berkembang di sana. Hasilnya, banyak muslim yang berpenghasilan mapan dalam lingkup kerja bidang industri halal. Termasuk tentu saja juga wisata halal.

Itulah perkembangan terbaru kehidupan seputar halal di Vietnam. (Yons Achmad/halaltren.com).

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969