3 Hal Baru dari Wisata Buku IBF 2017 yang Perlu Kamu Tahu

3 Hal Baru dari  Wisata Buku IBF 2017 yang Perlu Kamu Tahu

Islamic Book Fair (IBF) ke-16 tahun 2017 bakal segara digelar. Tepatnya di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, mulai tanggal 3 sampai 7 Mei 2017. Setidaknya, ada sekitar 158 penerbit yang akan mengikuti pameran buku Islam ini. Seperti yang sudah akrab kita dengar, IBF sendiri sejauh ini dikenal sebagai wisata literasi Islam di tanah air yang diselenggarakan untuk mengedukasi warga khususnya muslim agar semakin mencintai buku dan semakin akrab dengan literasi Islam.

Nah, khusus IBF kali ini, setidaknya ada 3 hal baru yang perlu kamu tahu.

Pertama. Masuk bayar Rp 5000. Semula gelaran IBF gratis. Artinya, semua pengunjung bebas keluar masuk selama acara berlangsung. Tapi, untuk gelaran UBF kali ini setiap pengunjung akan ditarik tiket seharga Rp. 5000. Menurut panitia, alasannya, penarikan tiket ini karena biaya sewa di JCC yang lebih mahal. Para pengunjung bisa memesan tiket lewat aplikasi android IBF. Di aplikasi ini kita akan mendapatkan juga update berita terbaru seputar IBF maupun jadwal acara yang nantinya akan berlangsung.

Kedua. Penerbit yang akan bergabung di IBF lebih banyak. Berbeda dengan IBF sebelumnya dimana beberapa penerbit besar mengambil stan yang lumayan banyak. Bisa menyewa 10 stan sekaligus. Penerbit bisa melakukan itu karena harga sewa stan murah. Dengan adanya perubahan soal sewa, sekarang ini penerbit besar hanya bisa mengambil sekitar 5 stan saja. Artinya, bisa memberikan kesempatan kepada penerbit lain untuk ikut bergabung.

Ketiga. IBF akan berlangsung selama 5 hari. Tak seperti gelaran IBF sebelumnya yang digelar 10 hari. Gelaran IBF kali ini lebih singkat. Dampaknya, semua acara diseleksi lebih ketat. Hanya acara-acara yang bagus dan berkualitas saja yang bisa tampil di gelaran IBF kali ini. Berbeda dengan IBF yang digelar sebelumnya di mana semua penerbit yang mengajukan acara di panggung utama semuanya diterima, sekarang tidak.

Selebihnya, acara seperti biasanya. Menampilkan beragam talkshow , pemberian penghargaan dan tak kalah menariknya hadir panggung Kidzone yang akan memanjakan pengunjung anak-anak dengan beragam wisata edukasi literasi. Nah, buat kamu yang mencintai buku dan wisata literasi, jangan lewatkan gelaran menarik ini. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).