3 Hal Penting Agar Indonesia Bisa Menjadi Pemain Utama Ekspor Produk Halal

3 Hal Penting Agar Indonesia Bisa Menjadi Pemain Utama Ekspor Produk Halal

Apakah Indonesia bisa menjadi pemain utama ekspor produk halal dunia? Jawabannya adalah bisa. Mungkin banyak orang bahkan pemerintah sendiri mengatakan itu sulit. Tapi, pakar manajemen selalu berujar bahwa sulit itu kategori bisa. Artinya, Indonesia tetap berpotensi menjadi pemain utama di sektor ekspor produk halal itu.

Terkait dengan ekspor produk halal. Setidaknya, ada 3 hal penting yang harus kita pahami.

Pertama, apa produk ekspor halal yang ingin kita tawarkan? Menurut Bappenas, Selain produk makanan dan minuman, sektor lain yang juga bisa dikembangkan serta diekspor ialah pariwisata halal dan tekstik berupa pakaian. Sektor ini juga memiliki peluang dan pangsa pasar yang besar.

Kedua, ke mana ekspor produk halal akan kita sasar? Salah satu yang bisa menjadi pasar ekspor potensial bagi produk-produk halal Indonesia yaitu negara-negara di Afrika karena penduduk negara-negara di sana mencapai 1 miliar orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 40% merupakan penduduk beragama Islam. Laju pertumbuhan penduduk di Afrika juga tergolong tinggi. Khusus untuk pariwisata halal, tentu Timur Tengah menjadi sasaran yang menjanjikan.

Hampir semua produk halal Tanah Air sebenarnya  mempunyai potensi untuk diekspor ke Afrika. Produk halal yang dapat dikelola untuk dapat berkontribusi positif antara lain sektor industri makanan dan minuman, sektor industri farmasi, dan sektor industri kosmetika.

Ketiga, keseriusan pemerintah. Beragam potensi itu sebenarnya sangat bergantung kepada keseriusan pemerintah untuk benar-benar fokus kepada ekspor produk halal. Salah satu yang perlu dilakukan pemerintah adalah terus melakukan pembinaan dan mendorong sepenuhnya para eksportir agar bisa bersaing di tingkat global. (Maria Magdalena/halaltren.com).