3 Kebiasaan Produktif di Bulan Ramadhan

3 Kebiasaan Produktif di Bulan Ramadhan

Bagi seorang muslim, puasa di bulan ramadhan menjadi sebuah kewajiban. Sebulan penuh umat Islam berpuasa dan menjalankan beragam ibadah seperti shalat tarawin dan ibadah-ibadah pendukung lainnya. Banyak ragam kegiatan yang sering diadakan di bulan ramadhan.

Tapi kali ini, saya tidak akan membincangkan hal tersebut. Tapi saya hanya ingin sedikit berbagi tips sederhana bagaimana kita bisa tetap produktif di bulan ramadhan. Agar ibadah dan karya-karya tetap istimewa, tidak biasa saja.

Setidaknya, ada 3 kebiasaan produktif di bulan ramadhan:

Pertama. Perbanyak berinteraksi dengan Al-Quran. Dalam arti, yang terutama adalah dengan membacanya. Selanjutnya membaca artinya karena seperti yang kita tahu, orang Indonesia kebanyakan bisa membaca Al-Quran tapi tidak tahu bahasa Arab, dengan demikian tidak mengerti arti apa yang sedang kita baca. Nah di bulan ramadhan ini adalah momentum untuk bisa berinteraksi dengan Al-Quran. Dimulai dengan membacanya, membaca artinya, sampai mengkaji tafsirnya.

Kedua. Kurangi Tidur. Memang, ada pendapat yang diyakini banyak orang, tidurnya orang berpuasa itu ibadah. Tapi, tentu saja akan lebih afdol kalau kurangi tidur dan lakukan hal produktif lainnya. Artinya apa? Ketika banyak orang, mohon maaf, “bermalas-malasan” di bulan puasa, justru kita lebih giat lagi bekerja. Dengan demikian, jelas kita akan bisa melihat hasil terbaik bagi kehidupan kita pasca ramadhan.

Ketiga. Bergairah cari ilmu. Di bulan ramadhan banyak selagi digelar ceramah agama. Nah, ini menjadi momentum bagi kita untuk melakukan upgrate keilmuan kita. Dengan pemahaman agama yang bertambah, tentu saya menjadikan kualitas hidup kita semakin meningkat kelak. Tapi, kalau tidak sempat, bisa dengan alternatif lain. Diantaranya membaca buku-buku agama yang berkualitas. Itu salah satu cara memenuhi hati dan pikiran kita dengan ilmu agama.

Itulah sedikit kebiasaan sederhana agar puasa kita tambah produktif. Selamat mencoba ya. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).