3 Peran BRI Syariah dalam Pengembangan Industri Halal

3 Peran BRI Syariah dalam Pengembangan Industri Halal

Survey Global Islamic Economy Indicator Score 2016-2017 menunjukkan bahwa daya saing ekonomi syariah Indonesia hanya menempati peringkat 10, atau tertinggal dari Malaysia dan negara-negara di Semenanjung Arab. Tentu saja, potret demikian juga menggambarkan bagaimana perkembangan industri halal di tanah air. Untuk terus mengejar ketertinggalan, banyak yang memang harus dilakukan. Salah satunya melalui peran bank syariah.

BRI Syariah (BRIS) merasa peduli untuk terus ikut andil dalam pengembangan industri syariah terutama pengembangan industri halal di tanah air. Berdasarkan temuan Halaltren.com, berikut beberapa hal yang dilakukan:

Pertama. Dukung pembiayaan industri produk halal. Selain terus mendukung pembiayaan industri produk halal, tentu saja finansial pembiayaannya juga harus halal alias tanpa riba. Inilah yang telah dilakukan BRI Syariah.

Kedua.
Berikan laboratorium perbankan syariah di berbagai perguruan tinggi (kampus). Laboratorium ini bertujuan memberikan bekal yang cukup kepada para mahasiswa perihal keuangan syariah. Langkah BRI Syariah tersebut dilakukan agar orang-orang muda dapat lebih memahami perbankan syariah sehingga di masa mendatang dapat menjadi agen-agen pendorong perkembangan keuangan syariah.

Ketiga. Rekrut SDM paham syariah. Riilnya melalui proses rekrutmen dan pendidikan profesi bagi para calon pegawai BRI Syariah. Setidaknya, dengan ketiga hal itulah peran yang diambil oleh BRI Syariah. Tujuannya satu, agar industri berbasis syariah dan terutama industri produk halal bisa terus berkembang di tanah air. Di tunggu peran-peran lainnya. (Yons Achmad/HALALTREN.COM).

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969