3 Perkembangan Industri Halal di Uni Emirat Arab

3 Perkembangan Industri Halal di Uni Emirat Arab

Industri halal terus mendapatkan sambutan dari berbagai negara. Salah satunya dari Uni Emirat Arab (UEA). Negara ini terus melakukan pengembangan dan percepatan untuk tumbuhnya industri halal. Setidaknya, dalam perkembangannya, ada 3 hal yang telah mereka lakukan:

Pertama. Terus menumbuhkan Bank Syariah. Saat ini setidaknya ada tujuh bank syariah yang ada di negara itu. Fakta ini telah menunjukkan bagaimana bank syariah telah mewakili hampir seperlima aset dari total aset yang dimiliki oleh seluruh perbankan di UEA.

Kedua. Aktif dalam pembiayaan dan pinjaman. Pembiayaan tersebut berbasis aset sehingga terlindung dari risiko spekulasi dan krisis ekonomi, Bagi negara itu, kehati-hatian ini untuk menanggulangi kejadian tak menyenangkan contohnya seperti yang terjadi saat krisis keuangan global pada 2008-2009. Pembiayaan berbasis aset ini menjadikan bank-bank syariah mampu mengatasi bersaing dengan bank-bank konvensional. Saat krisis terjadi, banyak bank konvensional yang jatuh dan harus diselamatkan oleh pemerintah.

Ketiga. Pertumbuhan pembiayaan bank syariah di industri halal dan sektor bisnis tetap lebih tinggi. Hal ini tentu saja menjadi cermin bagaimana keberpihakan bank dalam pembiayaan industri halal. Dengan keberpihakan demikian maka industri halal akan semakin mudah untuk berkembang. (Maria Magdalena/halaltren.com).