Alasan Promo Umroh First Travel Dihentikan OJK

Alasan Promo Umroh First Travel Dihentikan OJK

Buat penyuka traveling, akhir-akhir ini dikejutkan dengan pemberitaan tentang First Travel. Agen perjalanan ini mendapatkan sorotan tajam dari publik. Salah satunya program promo umroh murah. Hanya dengan biaya Rp, 14, 3 juta sudah bisa berangkat umroh. Tentu saja iming-iming promo ini banyak diminati masyarakat. Sayangnya program ini kemudian diketahui bermasalah.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menghentikan promo ini. Penjelasannya, First Travel punya paket perjalanan umraoh yaitu paket promo murah, paket reguler dan paket VIP. Nah, yang dihentikan yang paket promo murah ini. Kenapa paket promo murah ini dihentikan?

Seperti diketahui biaya umroh yang wajar sesuai standar Kementerian Agama adalah Rp. 21-22 juta. Lantas, kenapa First Travel bisa memberangkatkan umroh jamaah dengan biaya hanya Rp 14,3 juta? Ternyata mereka mensubsidi jamaah.

Dari mana uang itu? Mereka merekrut orang baru untuk membiayai keberangkatan jamaah yang sudah bayar terlebih dahulu. Artinya ada gali lubang tutup lubang. Itu masalahnya. Praktik ini cepat atau lambat akan merugikan jamaah.

Nah sekarang, sudah tahu kan penjelasannya? Untuk itu kita perlu lebih berhati-hati, jangan sampai tertipu lagi paket umroh yang murah tapi bisa bikin kita tidak berangkat beribadah dan malah menimbulkan masalah baru serta merugikan orang lain. (Zaidan Nafis/HALALTREN.COM).