Ayo Berburu Beasiswa Ke Uni Eropa di Pameran Pendidikan 2016

Ayo Berburu Beasiswa Ke Uni Eropa di Pameran Pendidikan 2016

Menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Indonesia dihadapkan dengan tantangan daya saing sumber daya manusia (SDM) – di tahun 2016 ini, World Economic Forum kembali merilis daftar Global Competitiveness Index 2016-2017 yang menempatkan Indonesia di posisi 41 dari 138 negara, yang mana Indonesia masih tertinggal jika dibandingkan negara tetangga seperti Singapura (posisi 2), Malaysia (posisi 25), dan Thailand (posisi 34).

Salah satu determinan yang bertanggung jawab untuk mendorong kualitas SDM tentunya terletak di sektor pendidikan, di mana Pemerintah Indonesia terus memperbaiki ekosistem penunjang di sektor ini, dengan berbagai instrumen seperti Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang mendukung putra-putri Indonesia untuk mengenyam pendidikan terbaik dunia sejak tahun 2011.

Ambisi Indonesia untuk menghasilkan generasi penerus yang berkualitas sejalan dengan ambisi Uni Eropa, yaitu menempatkan sektor pendidikan sebagai salah satu sektor kerja sama utama dengan Pemerintah Indonesia. Dengan anggaran pendidikan mencapai 10% dari total anggaran belanja publik, Uni Eropa percaya sektor pendidikan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, peningkatan produktivitas individu dan masyarakat, serta memperkecil kesenjangan sosial.

Komitmen ini tercermin dari kualitas pendidikan tinggi universitas-universitas Eropa, yang konsisten menduduki peringkat teratas universitas-universitas terbaik dunia menurut QS World University Rankings. Eropa pun kerap menjadi tujuan utama mahasiswa Indonesia ketika melanjutkan pendidikan tinggi.

Uni Eropa didukung oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dan Kementerian Luar Negeri kembali menggelar European Higher Education Fair (EHEF) yang ke-8 di Indonesia. EHEF 2016 menghadirkan hingga 130 universitas Eropa yang akan memberikan informasi langsung bagi para mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Eropa. Tahun ini, EHEF akan hadir di 3 kota di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Jakarta, dan Surabaya.

Nah, untuk event di Jakarta, catat informasinya:

European Higher Education Fair (EHEF) Jakarta

Hari: Sabtu/Minggu, 5-6 November 2016
Waktu: 11.00– 18.00 WIB
Tempat: Kartika Expo, Balai Kartini
Jalan Jend. Gatot Subroto Jakarta

(Yons Achmad/HALALTREN.COM).

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969