Ayo Ikut Sayembara Desain Kawasan Keistimewaan, Hadiah Rp 120 Juta Lo..

Ayo Ikut Sayembara Desain Kawasan Keistimewaan, Hadiah Rp 120 Juta Lo..

Pemerintah Daerah DIY melaunching Sayembara Desain Kawasan Terpadu Penanda Keistimewaan yang akan ditempatkan di kawasan perbukitan Parangtritis Bantul. Sayembara ini resmi dibuka mulai Selasa (12/9) dan terbuka untuk umum baik perorangan maupun kelompok dengan anggota maksimal lima orang.

“Bisa dikatakan proyek ini monumental. Tapi, kami ingin bukan cuma menghadirkan bangunan yang indah dilihat, tapi ide-ide Renaisans Jogja, Jogja Gumregah dan konsep kepemimpinan Hasta Brata bisa diaplikasikan. Selain itu visi ke depan DIY 2017-2022 ‘Menyongsong Abad Samudera Hindia untuk Kemuliaan Martabat Manusia Jogja’ bisa pula menjadi ide dalam pembangunan Kawasan Terpadu Penanda Keistimewaan ini,” tutur Asisten Keistimewaan DIY, Didik Purwadi kepada wartawan di Aula Dinas Pariwisata DIY, Selasa (12/9).

Untuk itulah menurut Didik, peserta sayembara harus menguasai pesan tersebut untuk diimplementasikan dalam sebuah kawasan seluas 17,15 hektar. Nantinya penanda ini juga akan menjadi sesuatu yang indah karena lokasinya berdekatan dengan Kelok 18 JJLS ruas Parangtritis-Karangjati.

Tahapan sayembara dimulai launching pada Selasa (12/9) diikuti pendaftaran dan pengumpulan desain, 12 September – 7 November. Setelah itu penjurian tahap pertama akan dilakukan 8-9 November dan pengumuman enam karya terbaik dilakukan 10 November. Selanjutnya, keenam pemenang akan melalui penjurian tahap kedua dan penetapan pemenang pada 17 November.

Sayembara ini memperebutkan total hadiah Rp 120 juta. Nantinya, karya-karya yang masuk akan dinilai dewan juri, terdiri dari Ir Gatot Saptadi, Argo Twikromo PhD, Drs Anusapati MFA, Ir Eko A Prawoto MArch IAI dan Raden Mas Cahyo Bandono MT. Informasi lengkap mengenai sayembara ini bisa diakses melalui www.visitjogja.com (Sumber Feb/kr/12/9/17).