Bagaimana Saya Melewati Hari-Hari dengan Gagal Ginjal

Bagaimana Saya Melewati Hari-Hari dengan Gagal Ginjal

Hidup itu tidak seperti drama Korea kawan, gak ada yang namanya serba kebetulan. Pas ente lagi kena sakit gagal ginjal, eh cewek ente nyumbangin ginjalnya yang sebelah, pas cocok lagi ukurannya. Happy Ending deh. Namun pada kenyataannya begitu saya divonis menderita gagal ginjal istri saya mendadak berubah menjadi Wonder Woman dalam waktu sekejap. Dia yang menjadi terapis saya dikala saya putus asa dengan penyakit ini. Dia juga yang melakukan semua yang seharusnya menjadi pekerjaan saya seperti cuci baju, angkat gallon, goncengin motor sampai sikatin busi, dan betulin mainan anak. Dia yang setiap malam selalu menyiapkan obat dan memijit saya kalau sedang sesak nafas. Semoga Allah menggolongkan istri saya sebagai istri solehah, amin.

Saat anda sudah divonis gagal ginjal, dokter menyarankan untuk segera mengikuti proses cuci darah. Fungsinya apa? Untuk membersihkan racun dalam tubuh yang seharusnya dilakukan oleh ginjal yang sudah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bagaimana dengan pengobatan yang tidak melalui proses cuci darah?

Anda masih ngotot ingin menyembuhkan penyakit gagal ginjal tanpa cuci darah?
Silahkan, itu hak anda.

Tahukah berapa uang yang saya habiskan buat membeli obat herbal?
17 Juta rupiah, bro!
Obatnya keminum nggak ?
Dimuntahin, bro!

Setiap hari racun yang didalam tubuh anda terus menumpuk dan itu mengganggu fungsi pencernaan anda. Susah makan, susah tidur, lemes, keluar jerawat diseluruh tubuh. Antara penyakit dan obat terus berkejar-kejaran mana yang lebih sampe duluan itu kalau obatnya keminum. Selama anda tidak melalui proses cuci darah itu akan mempersulit anda sendiri. Anda mungkin akan berkata saya sangat subyektif dan egois, karena itu demi kesehatan anda sendiri.

Sekarang bagaimana caranya saya melewati hari demi hari dengan penyakit gagal ginjal yang menyertai saya.

Pertama, Sebagai awalan Terima Kondisi Anda yang Sekarang ini, jangan banyak mengeluh, ikuti petunjuk yang disarankan oleh dokter yaitu mengikuti pengobatan dengan cuci darah rutin. Cuci darah memang tidak menyembuhkan tetapi itu dapat memperpanjang hidup anda.

Kedua, Jangan pernah berhenti bekerja. Menunggu sore dengan menatap langit biru atau melihat abang ojek berseliweran di jalan tidak akan membantu proses kesehatan anda. Yang akan terjadi anda akan merasa hidup ini tidak ada gunanya hingga akhirnya putus asa. Bekerjalah karena dengan memikul tanggung jawab terhadap keluarga anda akan merasa lebih hidup dan berusaha untuk terus hidup. Mengapa saya berkata seperti ini, karena sebagian besar rekan yang melakukan cuci darah di klinik haemodialisa adalah laki-laki. Ada yang seumuran dengan saya, sejak awal memutuskan untuk berhenti bekerja, baru menikah dan tidak punya anak, hidupnya terlihat putus asa, ia tidak berumur panjang. Ada yang sudah aki-aki punya penyakit gula, bandel dan susah dinasehatin dokter tapi ia masih bekerja, masih dikasih umur lebih dari 5 tahun cuci darah.

Ketiga, Perbanyaklah makan protein, karena itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh anda. Bagaimana caranya kalau kunyah makanan saya sering merasa mual. Gampang, contohnya nih makan telor. Bikin aja telor ayam rebus setengah mateng 3 butir, minum pake madu dan tenggak. Dengan begitu anda sudah makan telur 3 butir tanpa harus dikunyah. Bikin sop daging, iris tipis-tipis kecil-kecil, anda makan daging bersama nasi dengan begitu dagingnya bisa ketelen bareng nasi dan sayurnya biar anak anda yang makan karena itu baik untuk anak tapi kurang baik buat anda karena mengandung kalium.

Keempat, sediakan oksigen dirumah, karena itu sangat membantu saat anda menderita sesak nafas karena kebanyakan minum air atau kelebihan kalium. Anda tidak perlu membeli tabungnya anda cukup membayar sewa pertahun saja.

Kelima, setelah anda melakukan cuci darah rutin mungkin kita bisa sedikit berbicara pengobatan alternative dengan herbal, ingat ya … herbal… bukan dukun. Sstt … jangan bilang dokter dulu ya … dengerin nih. Sebelum divonis gagal ginjal dulu saya sering konsultasi dengan herbalis sekalian berbekam. Beliau sang herbalis pernah mendiagnosa bahwa saya punya masalah dengan ginjal. Itulah jeleknya saya, tidak mau mendengarkan dan menganggap remeh penyakit. Baru setelah di vonis gagal ginjal barulah saya memperhatikan. Ia pernah memberitahukan resep herbal untuk gangguan ginjal, katanya ini resep dari shin she. Begini saja, kalau anda search di google mungkin banyak sekali tawaran resep herbal buat gagal ginjal. Tapi kita sebaiknya mengambil sumber ilmu dari seorang yang benar-benar paham keilmuannya. Dalam hal ini saya mendengar langsung dari seorang herbalis.

Resep herbal untuk gagal ginjal yang mungkin bisa anda coba yaitu: 11 Siung bawang tunggal, 2 Siung bawang Bombay dan 3 buah jeruk nipis utuh. Kesemuanya diblender halus dan khusus jeruk nipis dibleder beserta kulit dan bijinya. Dimakan 3 x 1 sendok makan sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong.

Dicoba saja dulu, saya merasakan perubahan positif setelah setahun ini. Memang belum sembuh benar sih, tapi paling tidak lebih segar dan ada semangat hidup dibanding sebelumnya. Mungkin hanya ini yang bisa saya sampaikan. (Sumber: Fb Bejo Sutiwan).