Bio Farma  Indonesia Ditunjuk Produksi Vaksin Halal Negara-Negara Islam

Bio Farma  Indonesia Ditunjuk Produksi Vaksin Halal Negara-Negara Islam

Agak mengejutkan. Tapi itulalah faktanya. Saat ini PT Bio Farma telah ditunjuk  sebagai pusat produksi vaksin. Penunjukan ini terkait dengan bagaimana bisa menyediakan produk vaksin halal untuk negara-negara Islam tersebut. Tak terkecuali Arab Saudi yang saat ini juga telah meningkatkan pasokan vaksin dari Indonesia.

Nah, ada beberapa informasi yang perlu diketahui terkait kabar penunjukan Bio Farma ini:

Pertama,  penunjukan itu disampaikan oleh Direktur PT Bio Farma M  Rahman Rustam dalam diskusi media Forum Merdeka Barat (FMB) 9 dengan tema “Jalan Panjang Fatwa MUI Vaksin MR”, bertempat di Ruang Serba Guna Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (18/9).

Kedua, saat ini pihaknya tengah mencari rujukan dari negara-negara Islam terkait vaksin Measles Rubella (MR). Sampai saat ini vaksin MR di Indonesia menjadi satu-satunya vaksin yang diakui Badan Kesehatan Dunia (WHO).

Ketiga, terkait dengan proses penelitian pengembangan vaksin baru, bisa mencapai 15-20 tahun lamanya. Tahapan penelitian dimulai dengan ui track klinis ke hewan, kemudian lingkaran percobaan tahap 1,2,3 diimplementasikan ke manusia. Sedangkan, untuk bisa menciptakan sistem imun, virus sudah dilemahkan. Virus yang dilemahkan itu di dalam tubuh manusia akan aktif membentuk antibodi yang kemudian bisa menimbulkan kekebalan ketika ada bakteri. (YA/halaltren.com).

 

 

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969