Cara MUI Lawan Serbuan Produk Asing yang Tidak Halal

Cara MUI Lawan Serbuan Produk Asing yang Tidak Halal

Selama ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dengan lembaga sertifikasi halalnya punya peran penting dalam melindungi umat agar terhindar dari makanan haram. Memang, peran ini tak bebas dari kritik. Beberapa orang, bahkan diantaranya muslim, masih nyinyir akan peran yang dilakukan MUI ini.

Terkait dengan perlindungan makanan. Salah satunya mencegah produk impor non halal dikonsumsi masyarakat, MUI telah melakukan langkah yang tepat. Mungkin kamu pernah melihat produk yang dijual di beberapa pusat perbelanjaan, di situ awalnya ada produk berlabel halal dari standar luar negeri, tapi kemudian ditutup stiker yang menerangkan bahwa standar itu tidak berlaku.

Itulah yang salah satunya dilakukan oleh MUI. Alasannya kenapa? Karena banyak sertifikasi “abal-abal” yang tak sesuai dengan standar yang diakui oleh internasional. Lembaga yang mengeluarkannya juga kadang tak mempunyai dewan fatwa, bahkan organisasi yang mengeluarkan sertifikasi halal tidak di bawah organisasi Islam.

Nah, daripada kita misalnya terus nyinyir dengan MUI, ada baiknya kita apresiasi langkah MUI ini. Toh tujuannya sangat mulia, melindungi umat agat tak kecolongan mengonsumsi makanan haram. Hal ini, secara ekonomi juga sebagai bentuk perlawanan atas serbuan produk impor yang bebas masuk ke Indonesia. (Zaidan Nafis/HALALTREN.COM).