Cari Barang Jadul, Datang Yuk di ‘Festival Jogjakarta Tempo Doeloe 2’

Cari Barang Jadul, Datang Yuk di 'Festival Jogjakarta Tempo Doeloe 2'

Beragam barang jadul dipamerkan dalam pameran dan bazar bertajuk ‘Festival Jogjakarta Tempo Doeloe 2’ di Atrium Malioboro Mall Yogyakarta, 26-29 Januari 2018. Barang jadul yang dipamerkan mulai dari uang kuna, perangko, arloji kuna, kaset pita hingga pompa sumur manual zaman dulu.

Koordinator acara Emil Loebis mengatakan, festival ini diinisiasi para pecinta barang jadul yang tergabung dalam Komunitas Wadah Djadoelan. Peserta festival dari berbagai komunitas seperti komunitas filateli, komunitas numismatik dari berbagai kota di Indonesia. “Total ada 42 stan yang disediakan dan direspon sangat positif,” terang Emil kepada wartawan disela pameran, Jumat (26/1/2018).

Dipilihnya Malioboro Mall sebagai tempat pameran, menurut Emil karena berada di pusat kota dan banyak pengunjungnya. Selain itu Maliboro Mall sering dipakai untuk pameran komunitas-komunitas. “Di Yogya, festival ini merupakan penyelenggaraan kedua dan selalu di Malioboro Mall,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Emil, pasar barang jadul dan antik terus menunjukkan tren peningkatan. Konsumennya tidak lagi didominasi orang-orang tua namun mulai banyak dari kalangan anak muda. Harganya pun juga terus naik. Untuk barang antik yang punya nilai sejarah, harganya bisa sangat tinggi. “Barang jadul banyak diburu untuk pemanis ruangan seperti hotel, kafe dan restoran,” katanya.

Salah satu pengunjung Deni (27) warga Yogya tertarik mengunjungi pameran ini untuk mencari mainan tempo dulu, sebagai koleksi. “Barang yang dipamerkan banyak yang antik, jadi bingung memilih,” katanya. Sedangkan Amir Hamzah asal Malaysia mengaku barang jadul bisa mengingatkan nostalgia masa remaja. “Kali ini saya beli kaset lagu zaman dulu dan buku untuk koleksi,” katanya. (Dev/Sumber;Kr/26/1/18)