Gencarnya Singapura Promosi Wisata Halal

Gencarnya Singapura Promosi Wisata Halal

Singapura, barangkali tujuan wisata yang banyak diminati masyarakat Indonesia, yang tentu saja sebagian besar wisatawan muslim.  Beragam cara dilakukan oleh negeri itu agar wisatawan terus berdatangan. Salah satunya memberikan layanan yang ramah muslim (muslim friendly). Bentuk nyatanya adalah semakin tersedianya beragam resoran halal di sana.

Barangkali, tak banyak hanya beberapa saja.  Di media, saya baca beberapa promonya. Misalnya, Afterwit yang menyediakan makanan Meksiko halal dengan daging sapi dan domba. Kafe ini terinspirasi dari kafe indie yang ditunjukkan untuk para pencinta pedas dan manis, seperti tacos, quesadillas, and margaritas. Fika Cafe menawarkan atmosfer tenang, setenang para muslim menyantap makanan Swedia yang halal.

Gencarnya promosi yang berbau halal ini, saya kira perlu diapresiasi. Kenapa? Karena memang selaras dengan perkembangan masyarakat Indonesia yang sudah semakin peduli terhadap gaya hidup halal. Termasuk peduli dengan makanan halal. Generasi muslim kita sudah semakin sadar tentang pentingnya makanan halal.

Persoalannya sekarang, apa pesan moralnya bagi Indonesia? Kita sebenarnya juga harus lebih agresif untuk melakukan  promosi wisata halal. Kenapa? Di Indonesia, destinasi wisata muslim sangat melimpah.

Restoran halal merebak di mana-mana. Kita mesti bisa meyakinkan misalnya para calon wisatawan  Timur Tengah bahwa kita peduli terhadap kehalalan, baik destinasinya, makanan maupun fasilitas dan layanannya. Dengan begitu, wisata kita bisa bersaing dengan negara-negara lain. (ya/halaltren.com)

 

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969