Jadi Agen Properti Itu Pekerjaan Halal

Jadi Agen Properti Itu Pekerjaan Halal

Bisnis properti menggiurkan. Dengan beragam bonus, mereka bisa mengumpulkan pundi-pundi uang. Pertanyaannya, apakah menjadi agen properti itu diperbolehkan? Jawabannya adalah boleh, alias itu pekerjaan halal yang seorang muslim juga bisa ikut nimbrung di dalamnya.

Hanya saja, ada beberapa syarat yang mesti dipatuhi. Fatwa DSN MUI telah menetapkan usaha demikian diperbolehkan untuk dijalankan. Hanya saja, mesti ada akad wasathah harus terhindar dari gharar fahisy. Istilah ini merujuk kepada kondisi ketidak pastian yang mewarnai transaksi tersebut sehingga dekat dengan judi. Misalnya, ketika berjualan tidak jelas barangnya sehingga tidak bisa serta merta langsung diserahterimakan.

Selanjutnya,  perantara (wasith) harus melakukan pekerjaan tertentu yang menjadi dasar diterimanya upah. Selanjutnya, tentu saja pemilik barang dan perantara memiliki pengetahuan yang memadai (cukup) tentang harga barang yang ingin dijual.

Ini beberapa syarat yang mesti dipatuhi. So, selamat menjadi agen properti yang sukses ya. (Maria Magdalena/halaltren.com).