Kantin Halal untuk Atlet Muslim Ala Korea Selatan 

Kantin Halal untuk Atlet Muslim Ala Korea Selatan 

Lagi-lagi, kita dibuat takjud dengan keseriusan negara lain dalam mengembangkan industri halal. Salah satunya Korea Selatan, negara ini sangat serius dalam mengimplementasikan isu halal sehingga tak sekadar wacana saja. Salah satunya, menghadirkan konsep kantin halal bagi atlet muslim pada gelaran olimpiade Pyeongchongan 2018.

Kehalalan makanannya dijamin dengan adanya alat dan tempat masak yang terpisah dari makanan non halal, distribusi dan penyimpanan bahan-bahannya juga terpisah. Makanan halal sendiri di sana mengacu kepada makanan yang sesuai dengan syariat Islam. Misalnya non alkohol, non babi atau hewan-hewan lain yang disembelih tidak sesuai dengan ajaran Islam.

Sementara, olimpiade itu agan digelar mulai 9 sampai 25 Februari 2018. Keseriusan pemerintah Korea Selatan ini memang perlu diacungi jempol. Kenapa? Sebab atlet muslim sendiri hanya 5 % bermain di ajang olah raga itu. Tetapi, bentuk keseriusan pemerintah Korea Selatan tetap besar untuk menghargai muslim dengan kehadiran konsep kantin halal tersebut.

Hal ini tentu sebuah pelajaran menarik yang bisa kita ambil dari negara lain menyikapi isu dan tren halal. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).