Mengenal Gastronomi: Seni Mengkaji Hidangan Makanan

Mengenal Gastronomi: Seni Mengkaji Hidangan Makanan

HALALTREN.COM. Gastronomi bagi Indonesia merupakan topik yang menarik karena negara ini sangat kaya akan makanan yang tersebar di kepulauan Nusantara dari Sabang sampai Merauke.

Gastronomi adalah seni keahlian yang mengkaji hidangan makanan dari sisi budaya, sejarah dan lanskap lingkungan; yang setelah dicicipi diberi penilaian terhadap metoda memasaknya.

Sekian ratus tahun, gastronomi telah berjalan menjadi bagian dari kehidupan sosial masyarakat Indonesia yang diimplementasikan ke dalam tata-krama hidangan berbagai budaya bangsa, budaya kepulauan Nusantara sampai kepada budaya suatu Negara.

“Masyarakat Indonesia” – siapapun itu, warga negara apapun itu – yang menikmati dan mencintai makanan, tidak menyadari bahwa hidangan yang disajikan dihadapan mereka ada makna gastronominya.

Keaneka ragaman makanan di bhumi pertiwi Indonesia masih seperti harta karun terpendam. Masih banyak yang langka dan relatif belum dikenal atau jarang dipresentasikan secara Nasional maupun Internasional.

Secara essensial, gastronomi adalah “Diplomasi Budaya” yang memperjuangkan kepentingan nasional suatu bangsa di kalangan masyarakatnya sendiri maupun disebar luaskan secara Internasional.

Secara strategik, gastronomi merupakan sarana “Internalisasi Nilai Budaya”, yaitu proses yang ditanam, dibudidayakan dan ditumbuh-kembangkan sebagai nilai, karakter dan budaya kebangsaan di Indonesia.

Tanpa disadari, gastronomi merupakan khitah garis haluan dari salah satu unsur ke-Indonesia-an dalam memperkuat budaya kebangsaan.

Bagi gastronomi “.. makanan punya kisah ..” (.. cibus habet fabula ..), baik itu mengenai falsafah, filosofis, sejarah maupun perilaku budaya yang menjadi simbol, ritual, adat, dan kearifan lokal masyarakat setempat serta pembentuk karakter, jati diri serta ciri identitas suatu bangsa. (Indra Ketaren/Halaltren.com)