Menunggu Sertifikasi Halal Berbasis Aplikasi dari BPJPH

Menunggu  Sertifikasi Halal Berbasis Aplikasi dari BPJPH

Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) terus melakukan gebrakan. Salah satunya dengan mengembangkan sertifikasi halal berbasis aplikasi. Tentu saja, gebrakan demikian perlu diapresiasi publik, khususnya pegiat dan komunitas halal di tanah air. Hanya saja, yang paling penting dari aplikasi itu, bisa mempremudah pengurusan sertifikat halal bukan sebaliknya malah memperumit.

Pihak BPJPH sendiri saat ini mengklaim sudah melakukan penjajakan berupa simulasi aplikasi sertifikasi halal tersebut sebelum diluncurkan ke publik. Aplikasi sertifikasi halal itu dikatakan punya banyak keunggulan. Diantaranya, mudah digunakan, data aman sehingga orang yang menyerahkan data tidak was-was, bisa menampung data dari luar yang besar, data terlindungi dan tak diperjual belikan.

Selanjutnya, sistem harus memudahkan untuk memanggil data saat dibutuhkan dan mampu mengirim informasi kepada yang membutuhkan. Ini misalnya untuk mengingatkan masa sertifikat halal saat sudah hampir sampai waktu kadaluarsanya.

Dalam hal ini, termasuk juga informasi soal tracking proses bisnis sertifikat halal. Kalau ada pertanyaan dari pengusaha tentang dokumen pendaftaran sertifikat halalnya sudah sampai mana, maka sistem harus mudah melacak dan menjawabnya.

Selain itu, sistem juga harus memudahkan pelayanan. BPJPH selaku fasilitator bisa mendapat kemudahan dalam melakukan pelayanan kepada pengguna. Pengguna juga dimudahkan, misalnya dengan tidak perlu datang langsung karena data bisa dikirim dari mana saja.

Itu kira-kira aplikasi sertifikasi halal yang sedang digagas BPJPH. Kita tunggu saja hasilnya apakah aplikasi itu benar-benar sesuai rencana dan bisa memudahkan masyarakat mendapatkan sertifikasi halal.

(Yons Achmad/HALALTREN.COM).

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969