Minuman Anak-Anak Asal Korea Selatan Ini Sudah Kantongi Sertifikat Halal MUI

Minuman Anak-Anak Asal Korea Selatan Ini Sudah Kantongi Sertifikat Halal MUI

Hadirnya sistem Jaminan Produk Halal (JPH) mewajibkan produk-produk makanan dan minuman di Indonesia bersertifikat halal. Hal ini karena Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar dunia.

Baru-baru ini, perusahaan makanan asal Korea Selatan, Paldo Co, mengumumkan bahwa produk yang mereka pasarkan telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Paldo Co sendiri merupakan perusahaan yang memproduksi minuman khusus anak-anak, Pororo Drinks.

Juru bicara Paldo mengatakan, untuk pertama kalinya produk mereka untuk ketegori anak-anak mendapat sertifikat halal. Minuman Pororo sebenarnya sudah dijual di Indonesia sejak tahun 2012.

Paldo mengatakan Pororo Drinks adalah produk No. 1 di pasar minuman anak-anak Korea Selatan, dengan separuh pendapatannya berasal dari luar negeri. Perusahaan bertujuan untuk meningkatkan proporsi hingga 60 persen dalam waktu dekat. “Kami memasang target untuk meningkatkan pendapatan sebesar 60 persen tahun depan,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Yonhap, Jumat (20/04/2018).

Sebelumnya, minuman tersebut sempat dipermasalahkan mengenai kehalalannya mengingat kasus haramnya Samyang beberapa bulan lalu. Sejak diluncurkan pada tahun 2007, minuman anak-anak Pororo sudah diekspor ke 40 negara dengan pendapatan tahunan mencapai 47 juta dolar AS atau sekitar Rp 650 miliar berdasarkan data tahun lalu.

Menurutnya, pasar Indonesia pada tahun 2016 dinilai mencapai angka 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 68 triliyun, naik 60 persen dari tahun 2012. Sedangkan penjualan minuman Pororo di negara-negara Asia Tenggara mencapai angka 5 juta Won atau sekitar Rp. 68 miliar atau 20 persen dari penjualan di seluruh dunia. (Sumber: Nurjamal/gomuslim/20/4/18)