MUI Jakarta Gelar Kawasan Halal Fair 2017

MUI Jakarta Gelar Kawasan Halal Fair 2017

Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta menggandeng DDW Communication menggelar acara bertajuk ‘Kawasan Halal Fair 2017 sebagai langkah untuk menjadi Jakarta sebagai destinasi wisata halal. Festival ini, pertama kali digelar di Mall Lantai 3 Plaza Semanggi Jakarta, pada 9-18 Juni 2017.

Kegiatan yang digelar dalam rangka menyemarakan bulan suci Ramadan ini, memiliki tujuan untuk mengenalkan kuliner yang halal di Jakarta.

Selain akan menjual berbagai produk kuliner halal asli Jakarta, event ini juga digelar sebagai ajang sosialisasi, promosi, edukasi sekaligus syiar MUI DKI untuk mengenalkan produk yang sudah tersertifikasi halal bahkan kawasan halal kepada pemerintah, pebisnis dan masyarakat.

“Apalagi kini semakin marak kasus-kasus makanan, minuman, atau perlengkapan kosmetik dengan menggunakan bahan baku yang diharamkan membuat masyarakat semakin peduli pentingnya produk-produk halal,” papar Direktur LPPOM MUI DKI Jakarta, Ir Hj Osmena Gunawan dalam jumpa pers di Plaza Semanggi Jakarta, Kamis (8/6).

Diungapkan pula oleh Oemena, beberapa penellitian yang telah di dilakukan memperlihatkan pertumbuhan populasi muslim secara global meningkat dan pertumbuhannya mempengaruhi mangsa pasar halal. Hal ini membuat
sertifikasi halal menjadi pertimbangan perusahaan sebagai salah satu jurus meningkatkan penjualan.

“Adanya Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 158 tahun 2013 tentang Sertifikasi Halal Restoran dan Non-Restoran, membuat MUI DKI Jakarta membentuk tim Kawasan Halal MUI DKI Jakarta. Kawasan Halal MUI DKI Jakarta adalah bagian dari tugas dari MUI dalam membentuk beberapa wilayah halal atau arena perdagangan yang kehalalannya dijamin dan dibina oleh MUI dan sekaligus menjadi destinasi wisata halal,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama , Muhammad Lukman Mashuri selaku Ketua Pelaksana Kawasan Halal Fair 2017 menjelaskan serangkaian acara meramaikan Kawasan Halal Fair antara lain: lomba mewarnai tingkat SD, lomba tahfidz tingkat SD-SMP, santunan yatim, buka bersama dan shalat tarawih berjama’ah, tausiah, moeslim community gathering, talkshow, cooking class with chef halal, Islamic multi product, dan halal food bazaar.

“Dalam Kawasan Halal Fair 2017 ini akan tiga kegiatan utama diantaranya Halal Food & Multi Product Bazaar merupakan pameran produk yang sudah tersertifikasi halal di LPPOM MUI DKI Jakarta, keuangan Islam (perbankan, asuransi dan lainnya) serta pameran fashion Islami seperti baju koko, sarung, gamis, kerudung hingga buku-buku islami, dan lainnya,” kata Lukman.

Selain itu, lanjut dia, akan ada Tausiyah bertema Halal Is My Life dari ulama-ulama ternama yang mengabdi di MUI DKI Jakarta. Ada pula talkshow yang menjadi ujung tombak tersedianya destinasi wisata halal yang dibawakan berbagai stakeholder, baik dari pemerintah, LSM, pebisnis, maupun komunitas.

“Pada intinya, kegiatan ini diselenggarakan sebagai pemanasan pembentukan kawasan Halal yang ada di DKI Jakarta dimana kita berharap makanan dan produk lainnya kedepan kita pengen ada beberapa lagi mall yang akan menyelenggarakan kegiatan ini sehingga kita bisa mewujudkan wisata halal di Jakarta kedepannya,” tutupnya. (Chairul Fikri/Sumber Beritasatu 9/6/2017)