Potensi Jateng Jadi Destinasi Wisata Halal

Potensi Jateng Jadi Destinasi Wisata Halal

Wisata halal di Indonesia, barangkali yang saat ini dikenal Lombok atau Aceh. Baru kemudian Padang yang juga dikembangkan untuk wisata halal. Pertanyaannya, bagaimana dengan daerah lain? Semisal Jawa Tengah. Apakah juga berpotensi dijadikan destinasi wisata halal?

Rasa-rasanya sangat memungkinkan. Seperti pengertian wisata halal, kita bisa mengutip dari situs studi wisata bahwa Pariwisata halal adalah bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan Muslim. Pelayanan wisatawan dalam pariwisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam.

Salah satu contoh dari bentuk pelayanan ini misalnya Hotel yang tidak menyediakan makanan ataupun minuman yang mengandung alkohol dan memiliki kolam renang serta fasilitas spa yang terpisah untuk pria dan wanita.

Selain hotel, transportasi dalam industri pariwisata halal juga memakai konsep Islami. Penyedia jasa transportasi wajib memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam pelaksanaan ibadah selama perjalanan. Kemudahan ini bisa berupa penyediaan tempat sholat di dalam pesawat, pemberitahuan berupa pengumuman maupun adzan jika telah memasuki waktu sholat selain tentunya tidak adanya makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan adanya hiburan Islami selama perjalanan.

Lantas, kenapa Jateng sebenarnya sangat berpotensi menjadi destinasi wisata halal? Ada beberapa hal. Salah satunya telah terkenalnya wisaya religi Wali Songo, selain bisa mengunjungi masjid Wali Songo, juga bisa berziarah ke makanm penyebar Islam di Jawa itu. Penginapan dan hotel syariah juga banyak ditemukan di Jawa Tengah, dengan modal ini sebenarnya pemerintah daerah perlu serius menggarap Jateng sebagai destinasi baru wisata halal di Indonesia. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).