Ramai di Medsos, Kunjungan ke Desa Wisata Melonjak

Ramai di Medsos, Kunjungan ke Desa Wisata Melonjak

Kunjungan di sejumlah desa wisata di Kabupaten Purworejo melonjak sepanjang libur lebaran dan libur sekolah tiga minggu terakhir. Bahkan tingkat kunjungan beberapa desa, melampaui jumlah wisatawan di objek wisata yang dikelola Pemkab Purworejo.

Pengunjung paling banyak berwisata ke Pantai Jetis Desa Patutrejo Kecamatan Grabag. Selama seminggu libur lebaran, pantai itu didatangi 131.244 wisatawan. Disusul Pantai Ketawang Indah Desa Ketawangrejo 87.448 wisatawan.

“Pantai Jatimalang yang dikelola pemerintah, dikunjungi 29.190 wisatawan,” kata Lilos Anggorowati Kabid Pengembangan Kapasitas dan Promosi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Purworejo

Sebanyak 12.686 pengunjung datang ke Desa Mangrove Gedangan Purwodadi, sedangkan 10.308 berkunjung ke Curug Putri Desa Wisata Cepedak Bruno. Sejumlah desa wisata lain, katanya, juga dikunjungi ribuan wisatawan selama liburan.

Menurutnya, tingginya animo masyarakat berkunjung ke desa wisata karena rasa penasaran mereka. Kebanyakan desa baru membuka kawasan untuk menerima kunjungan wisata kurang dari setahun terakhir. Masyarakat memiliki banyak alternatif objek wisata di Purworejo.

Selain itu, promosi juga gencar dilakukan lewat sarana media massa maupun media sosial (medsos). “Efek promosi terutama di medsos, demikian besar, masyarakat penasaran ingin berkunjung dan memanfaatkan momentum liburan,” tuturnya.

Banyaknya objek, katanya, tidak lantas menjadi saingan lokasi wisata yang dikelola desa, pemerintah dan swasta. Dikatakan, antarobjek justru bisa saling bersinergi dan berinovasi memunculkan potensi khas yang layak dijual untuk wisata. “Justru saling melengkapi,” ucapnya.

Disparbud Purworejo terus melakukan pembinaan terhadap kelompok pengelola objek wisata. Mereka dilatih untuk bisa mempromosikan, menjaga dan meningkatkan potensi wisata di desanya. Pihak dinas juga mendorong desa wisata membentuk kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Sementara itu, Kepala Desa Patutrejo Grabag, Jaelan menambahkan, pengunjung berlibur di Pantai Jetis karena ingin menikmati rasanya santai bersama keluarga di bawah rimbunan hutan cemara laut. Selain itu, banyak anak muda yang berfoto di atas menara bambu setinggi 12 meter di tepi pantai. (Danar/Sumber:Kr/14/7/17)