RPN dan LPPOM MUI Gelar Festival Halal 2018

RPN dan LPPOM MUI Gelar Festival Halal 2018

Bogor – PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN) bekerja sama dengan Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) menggelar pameran halal bertajuk “RPN Festival Halal 2018” untuk pertama kalinya di Kantor RPN Bogor, pada 4-5 Mei 2018.

Pada pembukaannya, Wakil Direktur LPPOM MUI, Ir. Osmena Gunawan mengatakan bahwa acara ini penting untuk diadakan dan diharapkan dapat dilanjutkan pada masa-masa mendatang, terlebih produk-produk yang dihasilkan RPN begitu banyak, sehingga perlu dilakukan sosialisasi dan sertifikasi halal untuk memberikan kenyamanan dan ketenteraman bagi masyarakat.

“LPPOM MUI mengajak RPN untuk terus mensertifikasi produk-produk hasil risetnya. Apalagi dengan berlakunya Undang-undang Jaminan Produk Halal (UU JPH) No. 33 tahun 2014 bahwa pada tahun 2019 setiap produk, baik itu jasa maupun makanan atau minuman dan barang gunaan wajib tersertifikasi halal”, lanjut Osmena.

Senada dengan Osmena Gunawan, Direktur Utama PT. RPN, Dr. Ir. Teguh Wahyudi, M.Eng., mengatakan bahwa RPN menyambut baik kerjasama dengan LPPOM MUI. Ke depannya pusat penelitian-pusat penelitian yang ada di lingkungan RPN akan menjalin kerjasama dengan LPPOM MUI untuk sertifikasi halal terhadap produk yang dihasilkan.

“Ke depannya, kerjasama ini memungkinkan laboratorium yang ada di pusat penelitian pada lingkup RPN bisa mendukung program halal food di Indonesia,” lanjut Teguh.

Pada acara ini, LPPOM MUI kembali hadir untuk sosialisasi mengenai sertifikasi halal, terutama bagi para pelaku usaha UMKM. Para pengunjung begitu antusias berkunjung ke booth LPPOM MUI untuk konsultasi, bukan hanya UMKM, bahkan beberapa berasal dari pusat-pusat penelitian di lingkup RPN.

RPN Halal Festival 2018 diramaikan dengan berbagai pameran produk makanan halal, tabligh akbar maupun talkshow. (Sumber:halalmui/4/5/18)