Sandiaga Targetkan Jakarta Jadi Destinasi Wisata Halal Tahun 2020

Sandiaga Targetkan Jakarta Jadi Destinasi Wisata Halal Tahun 2020

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno membuka focus group discussion (FGD) terkait wisata halal di Balai Kota. Sandiaga menargetkan Jakarta bisa menjadi destinasi wisata halal pada 2020.

“Kita ingin 2020 Jakarta bisa mencapai target sebagai kota dengan destinasi dan wisata halal yang bisa bersaing. Kita juga targetkan satu juta global halal tourism bisa datang ke Jakarta untuk lima tahun ke depan,” ujar Sandiaga di Ruang Serbaguna Lantai 22 Blok G, Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (7/3/2018).

Saat ini, Pemprov DKI sedang berbenah dalam perencanaan Jakarta menuju destinasi wisata halal. Dikatakannya, peraturan gubernur (pergub) terkait wisata halal juga sedang digodok.

“Kita harus ada revisi sedikit. Berkaitan dengan beberapa perkembangan terkini. Itu nanti sekarang lagi dibicarakan di FGD ini. FGD ini akan memberikan masukan apa saja yang perlu direvisi. Target-target apa yang dipertajam sehingga pergub itu bisa ada sesuatu legacy yang kita tinggalkan,” jelasnya.

Sandiaga sempat menceritakan kentalnya nuansa muslim di Tokyo, Jepang. Sandiaga melihat hal tersebut saat melakukan kunjungan kerja ke Tokyo pada 19 Februari lalu.

“Saya baru pulang dari Tokyo kemarin. Saya kaget juga gitu lhoHalal ramen di sana jadi sangat menjamur begitu loh. Terus di Tokyo Station, sign untuk musala dan mereka juga punya namanya, Muslim Friendly Restaurant. Jadi belum halal, tapi muslim friendly. Di situ menarik juga gitu,” tutur Sandi.

Selain Tokyo, Sandiaga menyinggung Bangkok dan Paris yang tak kalah menghadirkan wisata halal. Sandi ingin Jakarta juga menjadi daya tarik wisata halal dunia pada 2020.

“Jadi ada konferensi besar di Dubai, Abu Dhabi, yang kita sasar. Kita ingin Jakarta bisa masuk nominasi mulai tahun depan dan tahun 2020 mudah-mudahan sudah bisa memuncaki salah satu kategori destinasi halal,” ucapnya. (Indra Komara/Sumber: Detik.com/7/3/18)