Segera Hadir Kawasan Industri Halal

Segera Hadir Kawasan Industri Halal

Kawasan industri halal sudah lama diwacanakan. Kini, pelan-pelan ide tersebut mulai terealisir. Memang, dibanding negara lain, terkait dengan industri halal, kita agak tertinggal. Tapi, berdiam diri tentu bukan jawaban. Kini, Indonesia mulai mengejar ketertinggalan. Nah, beberapa perkembangan soal kawasan industri halal tersebut antara lain:

Pertama. Pemerintah, dalam hal ini kementerian perindustrian (kemenperin) masih berfokus pada pembentukan kawasan industri halal. Rencananya, bakal rampung pada tahun 2020. Sementara, standardisasi kawasan industri halal ditargetkan selesai pada akhir 2018.

Kedua. Upaya menghadirkan kawasan industri halal ini adalah upaya mendukung regulasi produk halal sesuai Undang-Undang Nomor 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) yang akan berlaku di tahun 2019.

Ketiga. Dalam penyusunan standar, digunakan pedoman yang berlaku di negara-negara lain yang sudah memiliki kawasan industri halal. Dengan demikian, keberadaannya juga bisa disejajarkan dengan kawasan yang ada di negara tersebut.

Memang masih jauh. Tapi, itulah perkembangannya. Semoga saja, Indonesia terus mempercepat dan kelak menjadi yang terbaik dalam industri halal dunia. (YA/Halaltren.com)

 

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969