Sekilas Tentang Wisata Halal di Spanyol

Sekilas Tentang Wisata Halal di Spanyol

Tak ada yang lebih mengasyikkan ketika berwisata halal di Eropa selain Spanyol adalah jawabannya. Mendengar kata Spanyol, yang terbesit dalam pikiran kita sudah pasti adalah kejayaan Islam masa lalu di negara itu.  Ya, Spanyol merupakan jembatan antara Islam dan Eropa di masa kejayaannya.

Bagi wisatawan muslim, Kota Cordoba dan Granada sering menjadi pilihan. Di situlah situs situs unik peninggalan kejayaan Islam masa lalu terbentang.  Selain tentu saja misalnya Andalusia yang di sanalah tempat kelahiran penyair dan sastrawan Arab. 

Awalnya Spanyol memang tak begitu berpikir menjadikan destinasi wisata yang ramah muslim. Tapi, semakin banyaknya wisatawan muslim yang datang, beragam fasilitas yang mendukung wisata halal pelan-pelan mulai dilengkapi, seperti maraknya restoran halal di sana.

Makanan yang disuguhkan cukup beragam. Termasuk hidangan vegetarian.  Dintara restoran halal itu adalah El Faro di Marbella dan Los Almendros di Cordoba. Dulu, ketika ada yang bertanya kepada pelaku wisata di sana, apakah restoran dan hotel mereka telah bersertifikat halal, mereka tak tahu apa yang dibicarakan.

Tapi, kondisi sekarang berbeda, mereka lebih peduli. Dan wisata halal, telah menjadi solusi bagi mereka ketika krisis melanda, karena dengan pengembangan wisata halal, omset mereka terus beranjak naik. (Maria Magdalena/halaltren.com).