Sembelih Halal Ala Juleha

Sembelih Halal Ala Juleha

Juru Sembelih Halal (Juleha) Indonesia hadir dalam ajang “Genpro International Business Matching Expo” di Gedung Smesco, Jakarta (6-8 Maret 2018).  Henri Ibrahim, Ketua Juleha Jabodetabek ketika ditemui Crew Halaltren.com menjelaskan bagaimana tata cara penyembelihan yang halal dan  benar menurut syariat Islam.

“Kami mengedepankan adab terhadap hewan, tidak memperlakukan hewan secara sembarangan”, ujarnya.  Menurutnya,  saat ini masih banyak orang yang menyembelih hewan secara asal-asalan, tidak memikirkan adab dan tata cara yang benar menurut Islam (sesuai syar’i).

Saat ini, Juleha memang masih dalam proses untuk pelegalan organisasi (komunitas) sehingga bisa masuk dan menembus ke mana saja, diantaranya instansi, masyarakat umum bahkan luar sampai luar negeri. Berdiri sejak 18 Dzulhijah 1437 hijriyah. Artinya sampai saat ini sudah berjalan 2 tahun. Terbentuk pertama kali di kota Malang.

Awalnya, komunitas ini adalah para pecinta bilah yang kemudian punya pikiran untuk bagaimana bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat banyak khususnya untuk umat Islam. Untuk di Jabodetabek sendiri anggota perkumpulan (komunitas) ini hampir 10.000 orang. Terdiri dari pecinta bilah, pengrajin, peternak dan pengusaha.

Sampai saat ini, Juleha terus melakukan edukasi terutama kepada DKM-DKM masjid sehingga bisa melakukan penyembelihan secara syar”i  (halal). Juleha juga mengadakan edukasi dan sosialisasi lewat media sosial terutama Facebook dan Instagram dengan akun di “Juru Sembelih Halal”

Terkait dengan bagaimana bisa menjadi juru sembelih halal, banyak syarat yang harus dipenuhi. “Mereka harus muslim, menjalankan syariat, mengerti tata cara penyembelihan dan yang terpenting bisa mengucapkan dua kalimat syahadat sekaligus bertakbir dan bershalawat”, ungkapnya.

Ditambahkan, selain yang disebutkan itu, menyembelih hewan harus dengan ihsan, dalam arti tidak dibenarkan ketika menyembelih hewan dengan cara diijak, atau dibanting. “Kita harus menggunakan alat sembelih yang tajam sehingga nikmat di lehernya,” tutupnya. (Yons Achmad/HALALTREN.COM).

 

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969