Sharp Kulkas Pertama Bersertifikat Halal

Sharp Kulkas Pertama Bersertifikat Halal

Dalam siarang persnya, kulkas Sharp, yang juga mendapatkan sertifikasi halal, mengklaim produknya adalah kulkas pertama yang mendapatkan fatwa halal dari MUI.

Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) melalui situsnya menjelaskan bahwa ada beberapa komponen yang dibuat dari campuran bahan yang menggunakan turunan asam lemak. Kalau dari bahan hewani, harus dipastikan bahwa bahan itu bukan dari turunan babi yang jelas-jelas diharamkan dalam Islam.

“Ketentuan halal dalam kaidah syariah tidak terbatas pada aspek konsumsi, namun mencakup aspek yang sangat luas, yaitu menggunakan ataupun memakai,” kata Ketua Komisi Fatwa MUI Hasanuddin AF. Sebagai tempat menyimpan makanan, kulkas harus diyakini kesuciannya.

Hal ini disepakati oleh Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia Tulus Abadi. “Kulkas adalah wadah makanan atau minuman. Bagaimana kalau medianya tidak halal?” kata Tulus kepada BBC Indonesia. Menurutnya justru semua wadah makanan perlu sertifikasi halal karena hal itu sudah diatur di Undang-undang mengenai jaminan produk halal. (Sumber:bbc/8/5/18).