Tips Agar Di Luar Negeri Tetap Menyantap Makanan Halal

Tips Agar Di Luar Negeri Tetap Menyantap Makanan Halal

Seorang muslim itu wajib menyantap hanya makanan yang halal saja. Mencari makanan yang halal menjadi sebuah keharusan seorang muslim. Di Indonesia, kita memang akan begitu mudah mendapatkan makanan halal. Tapi bagaimana ketika sedang bepergian ke luar negeri? Itu masalahnya.

Tapi, walaupun sulit, seorang muslim harus selalu berusaha untuk mendapatkan makanan halal. Kita perlu ingat sebuah hadis Nabi Muhammad:

“Mencari yang halal hukumnya wajib bagi seorang muslim”

(HR Ibnu Mas’ud)

Lantas, bagaimana agar ketika di luar negeri kita tetap bisa menyantap makanan yang halal. Tentu saja, langkah pertamanya adalah mencari gerai atau restoran yang telah disertifikasi halal di negera itu. Kini, asalkan mau mencari, di berbagai kota di dunia telah hadir beragam resto halal. Tinggal kita mau atau tidak mencarinya. Apalagi sekarang dengan bantuan internet atau aplikasi, kita bisa dengan mudah mendapatkan resto halal.

Kalau memang telah berusaha tapi tetap tak mendapatkan makanan halal, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan resto yang muslim friendly. Resto ini memang tidak 100% halal alias tak ada logo sertifikasi halalnya. Dapurnya juga belum dipisah antara makanan halal dan non halal. Memang, resto demikian masih bikin was-was.

Agar tak kejadian misalnya kita kesusahan mendapatkan makanan halal, ada baiknya sebelum kita ke luar negeri, kita perlu membangun jaringan dengan warga negara Indonesia di negara itu. Dengan membangun jejaring dan komunikasi ini, kita bisa mendapatkan informasi makanan halal atau bahkan bisa mendapatkan dari WNI tersebut, siapa tahu juga malah menyediakan menu makanan khas Indonesia. Ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kita tetap terjaga untuk hanya makan makanan yang halal. (Yons Achmad/HALALTREN.COM)

Penulis. Founder Halaltren.com. WA: 082123147969