Tips Memilih Ikan Segar dari Tim Safari Gemar Ikan

Tips Memilih Ikan Segar dari Tim Safari Gemar Ikan

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan melakukan gelaran safari Gemar Ikan. Kali ini bertempat di halaman pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta (11/6). Tampak pengunjung tumpah ruah dalam acara tersebut. Beragam produk ikan segar dan olahan disajikan dalam bazar acara tersebut.

Khusus bagi mereka yang belum bisa hadir dalam acara tersebut, ada informasi mengenai tips memilih ikan segar dari tim Safari Gemar Ikan.

1. Ikan utuh. Mata terang dan jernih, tidak kusam. Ikan bermata kusam mungkin aman untuk dimakan namun ikan tersebut telah melewati saat terbaiknya untuk dikonsumsi. Sementara insang warna merah segar cenderung merah muda, tidak kusam kecokelatan. Insang tertutup lendir yang berwarna jernih.
2. Fillet. Sisik berkilau, terang dan bersih, tidak memudar. Aromanya segar seperti air bersih/air asin bahkan seperti mentimun. Jika berbau amis maka aroma tidak hilang walaupun sudah dimasak. Dagingnya warna terang, kokoh dan agak kenyal, bila ditekan cepat kembali pada keadaan semula. Tidak keras dan tidak terlalu lembek. Jika ada cairan ia berwarna jernih berkilau.
3. Udang. Pilih bentuk utuh. Kepala menempel kuat dengan kondisi bagus, tidak lembek. Warna tegas, kulit tidak licin dan tidak ada bintik-bintik hitam. Pilih udang yang selalu ditaruh di atas es.
4. Kerang. Pilih kerang hidup. Kerang hidup biasanya cangkangnya terbuka, jika diketuk cangkang menutup lebih rapat dan sulit dibuka dengan tangan.
5. Cumi. Pilih yang matanya bening dan kepala masih melekat di badannya. Kulit airnya putih bening. Tidak ada aroma busuk dan anyir.
6. Kepiting. Pilih kepiting hidup, tekan cangkang di bagian bawah , jika bergerak kepiting masih hidup. Pastikan bagian tubuhnya utuh, tidak ada yang patah.

Nah, itulah beberapa tips memilih ikan segar. Semoga bermanfaat ya. (Maria Magdalena/HALALTREN.COM).