Universitas Indonesia  Luncurkan Halal Center

Universitas Indonesia  Luncurkan Halal Center

Undang-Undang 33 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) telah melahirkan banyak kreatifitas di masyarakat maupun kampus. Salah satunya, terbukanya kran untuk mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH).  Selama ini, satu-satunya lembaga yang melakukan adalah MUI. Sejak Undang-Undang itu lahir, maka pelan-pelan masyarakat juga ikut berkontribusi. Salah satunya adalah Universitas Indonesia yang telah meluncurkan Halal Center.

Lantas, bagaimana kira-kira peran Halal Center UI ke depan? Dari informasi yang didapatkan Crew Halaltren.com, berikut ini kira-kira kiprahnya ke depan.

Pertama. UI Halal Center akan menjadi pusat pemeriksa, edukasi dan advokasi jaminan produk halal. Diharapkan UI Halal Center bisa memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia maupun dunia.

Kedua. UI Halal Center tujuannya untuk mendukung lancar proses tentang UU 33 2014 terkait Jaminan Produk Halal

Ketiga. Dalam waktu dekat akan mendirikan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) di bawah UI Halal Center. Sedangkan rencana jangka panjang, akan berupaya mendirikan Institusi Ilmu Kehalalan dan memproduksi barang dan jasa halal.

Keempat. UI Halal Center kini terlibat aktif dalam forum-forum koordinasi yang diselengarakan oleh BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal Kementerian Agama RI) dan bersinergi dengan Halal Center dari perguruan tinggi di berbagai daerah.

Kelima. UI Halal Center  ke depan tidak hanya menjadlin kerjasama dari lembaga dalam negeri, melainkan dari institusi luar negeri seperti University of Shizuoka, Jepang yang telah menyatakan minatnya untuk bekerja sama dalam rangka peningkatan pemahaman halal terutama untuk menyediakan fasilitas kantin yang Moslem friendly di kampusnya.

Itu kira-kira kiprah  Halal Center UI. Semoga menambah semaraknya tren halal di tanah air sehingga menjadi gaya hidup dan sekaligus juga kebutuhan seorang muslim. (zaidan Nafis/HALALTREN.COM).