Yuk Bantu Buku dan Mainan untuk Trauma Healing Gempa Lombok

Yuk Bantu Buku dan Mainan untuk Trauma Healing Gempa Lombok

“Anak kecilpun pada bilang takut gempa padahal mereka ada yang belum dua tahun usianya. Mereka takut ke rumah dan memasukinya. Dia bercerita rumahnya ada gempa, sambil menirukan goyangan badannya saat gempa, katanya dia nangis, ibu gendong dia sambil berlari, lebih enak disini aja (tenda pengungsian_red) ga ada gempa”, cerita Shofy, warga asli Lombok sekaligus salah satu paramedis dan relawan di Lombok.

Trauma. Begitulah yang terjadi pada anak-anak di Lombok. Mereka para balita berada pada periode penyimpanan memory yang sangat kuat. Jika trauma ini tidak segera diatasi, dikhawatirkan akan terjadinya PTSD (Post Traumatic Syndrom Disorder).

PTSD adalah suatu kondisi kecemasan yang terjadi pada orang yang telah mengalami kondisi traumatik, seperti kecelakaan, bencana alam, dan peristiwa menyedihkan dan menakutkan lainnya. Ditandai dengan kecemasan berlebihan, takut pada benda tertentu yang dilihat saat kejadian, pandangan kosong, menarik diri, hingga isolasi sosial. Tingkat kejadiannya mencapai 30%. Dari yang ringan hingga berat. Jika tidak terdeteksi dan tertangani segera, maka akan menetap dan berpengaruh pada tahap kehidupan selanjutnya.

Tanggap darurat Gempa Lombok mulai masuk pada tahap pemulihan. Pada tahap ini, bukan berarti bantuan dihentikan. Masih banyak “pekerjaan rumah” yang harus diselesaikan, baik yang sifatnya materiil dan non-materiil. Salah satunya, aspek psikososial bagi anak-anak yang efeknya dapat memengaruhi kondisi kejiwaan anak di masa mendatang.

Percil memfasilitasi Ayah, Bunda, dan siapa saja yang ingin berdonasi dalam bentuk BUKU, MAINAN, ALAT GAMBAR, dan ALAT TULIS untuk program TRAUMA HEALING bagi ribuan anak korban gempa Lombok yang hingga saat ini masih banyak yang tinggal di tenda pengungsian.

Agar tepat sasaran, donasi akan diterima dan disalurkan langsung oleh Rumah Bermain Al Hikmah (Islamic Preschool & Daycare) Mataram.

Pengumpulan donasi silakan hubungi WA  85774939587.